Universitas Al-Ghifari

Selayang Pandang

Universitas Al-Ghifari berdiri pada tanggal 15 Agustus 2002 berdasarkan SK Mendiknas No. 180/D/O/2002. Pendirian Universitas Al-Ghifari diprakarsai oleh Sali Iskandar, Drs., Sebagai salah satu wujud dari visi dan misi Yayasan Al-Ghifari yang diselaraskan dengan cita-cita Nasional Bangsa Indonesia yaitu ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa pada bidang pendidikan tinggi. Keinginan tersebut diwujudkan dengan menggabungkan dua Sekolah Tinggi yakni STBA Jabar yang berdiri tahun 1998 (kini menjadi Fakultas Sastra), dan STIE Jabar (kini menjadi Fakultas Ekonomi), kemudian ditambah dengan tiga Fakultas baru yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), dan Fakultas Teknologi, menjadi sebuah Universitas yang diberinama UNIVERSITAS AL-GHIFARI.

Dalam perjalanan dari sekolah Tinggi menjadi Fakultas, berbagai perubahan pun dilakukan baik dari infra struktur, kurikulum serta perubahan yang berkenaan dengan kemajuan fakultas-fakultas yang ada di lingkungan Universitas Al-Ghifari.

Universitas Al-Ghifari pada tahun Akademik 2012-2013  menyelenggarakan Program Peduli Pendidikan. Program tersebut memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pendidikan di Universitas Al-Ghifari dengan biaya yang sangat terjangkau.

Visi
Menjadi Perguruan Tinggi yang dapat melahirkan lulusan islami, cerdas, bermutu dan berwawasan global.

Misi

  1. Mewujudkan Pendidikan Tinggi yang mampu melahirkan sumber daya manusia yang islami, cerdas, bermutu, berkemampuan kompetitif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat lokal dan global.
  2. Mewujudkan Pendidikan Tinggi yang dapat memberikan pengaruh  intelektual terhadap masyarakat di sekitarnya dan menjadi pusat kajian ilmu pengetahuan.
  3. Mencetak lulusan Perguruan Tinggi yang berakhlakul karimah dan dapat memenuhi tuntutan jaman dengan tetap berlandaskan ideologi Islam.

Tujuan
Penyelenggaraan Program Peduli Pendidikan memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Menampung animo atau minat masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke berbagai program studi yang berada di lingkungan Universitas Al-Ghifari. Terutama bagi mereka yang memiliki potensi akademik dan non akademik yang baik.
  2. Memberikan pelayanan pendidikan yang optimal kepada seluruh lapisan masyarakat.
  3. Berbekal pendidikan yang diperoleh dari Universitas Al-Ghifari kelak secara tidak langsung ikut mendorong masyarakat meningkatkan taraf kesejahteraannya.

Ketentuan Program

Program Peduli Pendidikan adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) Universitas Al-Ghifari. Calon mahasiswa yang berhak mendapatkan program ini adalah mereka yang ditunjuk yang telah memenuhi kriteria yang ditentukan.

Persyaratan Pendaftaran,

–          Lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tiga tahun terakhir

–          Sehat Jasmani dan Rohani

–          Berkelakuan baik dan tidak terlibat peredaran narkoba

–          Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan :

  1. Foto copy STTB, UN dan SKKB yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang masing-masing 1 lembar.
  2. Menyerahkan foto hitam putih 2×3 (3 lembar) dan berwarna 3×4 (3 lembar).

Program Studi

  1. Bahasa Inggris (S-1)
  2. Manajemen (S-1)
  3. Farmasi (S-1)
  4. Hubungan Internasional (S-1)
  5. Administrasi Negara (S-1)
  6. Teknologi Pangan (S-1)
  7. Teknologi Industri Pertanian (S-1)     

Lembaga Kemahasiswaan

Badan Perwakilan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, Forum Studi & Silaturahmi Mahasiswa (FIRST), Bengkel Seni Mahasiswa (BESMA), Mahasiswa Pencinta Alam (MACALA), Korps Suka Rela (KSR), Forum Olah Raga Mahasiswa (Forma), Koperasi Mahasiswa (KOPMA), HIMA Teknologi Pangan (HMTP), HIMA Manajemen, HIMA Administrasi Negara, HIMA Hubungan Internasional, HIMA Farmasi, HIMA Sastra, dan HIMA Teknologi Industri Pertanian,

Tempat Pendaftaran,

Jalan Cisaranten Kulon No. 140 Soekarno-Hatta Telp. (022) 7835813 Bandung 40293


Info Lebih Lanjut, Hub. (022) 7835813